News

Kabar Terbaru..

HM Trader (Ngolah Pikir Berbagi Informasi)
advertis

Kunci Rahasia Teknikal Trader [part-4] update..

Pola HargaHy SobatTrader gimana kabarnya saat ini masih semangat bertempur? Makin mantap kah 'profitnya...?

Keganasan market Foreign hari berganti hari semakin luar binasa. Kami team ingin segera dan secepatnya share dan menyelesaikan topik-topik kita yang dibahas dalam Blog ini namun gimana ya... Banyak sekali yang musti kita harus selesaikan. Apalagi Market Foreign begitu dinamis sifatnya alias tidak monoton sering kali terjadi perubahan yang sangat cepat tanpa kita duga-duga. Maka dari itu team berusaha mengikuti juga kedinamisan Foreign Market. Namun justru menjadi kendala untuk menyelesaikan beberapa tulisan artikel kita tersebut. Apalagi berkaitan langsung dalam situasi market yang ada setiap jam-menit-detik-second senantiasa berubah.. ( lain dengan blog-blog biasanya tidaklah begitu sulit tentunya ).

Oke Sobat langsung saja - untuk Artikel kita ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya.. dalam topik : 'Kunci Rahasia Teknikal Trader' bisa dilihat sebentar disini : [Kunci Rahasia Teknikal Trader]

5. Pola Chart/Pattern

Oke disini team akan coba share beberapa pola yang sering terjadi di market Foreign Exchange. Ini bisa sobat temukan di segala TF (timeframe) walau berbeda waktunya. Screen Shot-Pola-pola dibawah tidak harus dihafalkan dan tidak harus sama dengan market -namun yang kami gambarkan dibawah hanya sebuah gambaran saja.
Paling tidak ada sedikit gambaran bagi sobat untuk menilai suatu keadaan market saat itu atau pun saat ini atau juga saat esok!.. Sehinggan nantinya tidak terjebak dalam kondisi yang buruk dalam melakukan 'Open atau Exit' target point.
Grafik nilai tukar mata uang ( pricer market rate ) mempunyai beberapa pola pergerakan yang dapat digunakan sebagai tanda perubahan suatu trend tertentu.
Pada dasarnya ada 2 golongan besar jenis pola yang mungkin terjadi yaitu:

A.-  Reversal Pattern

Pola ini menunjukkan adanya perubahan trend, misalnya harga yang bergerak dalam uptrend berubah menjadi downtrend atau sebaliknya harga yang bergerak dalam downtrend berubah menjadi uptrend.
Reversal pattern mempunyai beberapa pola pergerakan sebagai berikut:
a. Double Tops
Pola Harga
b. Double Bottoms
Pola Harga
c. Head and Shoulders top reversal
Pola Harga
d. Head and Shoulders bottom reversal
Pola Harga
e. Falling Wedge
Pola Harga
f. Rising Wedge
Pola Harga
g. Diamond Pattern
Pola Harga

B.-  Continuation Pattern

Pola ini menunjukkan adanya perubahan trend sementara yang dilanjutkan dengan perubahan ke trend awal yang dominan. Misalnya harga bergerak dalam uptrend kemudian berubah menjadi downtrend (retrace) dan meneruskan lagi uptrend sebelumnya atau sebaliknya.
Continuation pattern mempunyai beberapa pola pergerakan sebagai berikut:
a. Bullish Flags
Pola Harga
b. Bearish Flags
Pola Harga

c. Symmetrical Triangles or Pennants
d. Descending Triangle
e. Ascending Triangle
Pola Harga

f. Cup and Saucer
Pola Harga
Selain pola pergerakan chart seperti di atas, ada pula suatu pola unik yang disebut sebagai gap. Suatu chart membentuk gap apabila terdapat jarak atau celah antara 2 chart yang saling berdekatan yaitu jika nilai low dari chart sebelumnya lebih tinggi dari nilai high pada chart berikutnya atau sebaliknya atau jika nilai high dari chart sebelumnya lebih rendah dari low pada chart berikutnya. Ada 3 bentuk utama dari gap yaitu:
a. Breakaway gap
b. Measuring gap
c. Exhausting gap

Pola Harga
CATATAN :
1. Gambar pola-pola diatas bukanlah sebagai 'dasar untuk ' kita mendeteksi market akan tetapi sebagai alatbantu untuk kita menilai keadaan dan perkembangan market..
2. Dalam mensikapi keadaan sebuah Trend dengan menggunakan misalnya -Gambar pola-pola diatas tidak harus sama dengan contoh dan keadaan market - terbaru atau tidak harus sama dengan pola itu.
Yang terpenting bagi kita khususnya Pemula Trader' dengan aktualisasi suatu pola kita bisa meminimalkan kesalahan dalam menggambarkan keadaan Trends Market yang ada. Sehingga nantinya kita bisa kaji lanjutan dengan berbagai "teknikal' dan Tool Trader jika perlu untuk mengkaji lebih lanjut situasi market. Sehingga akan menhasilkan akurasi dan presisi 'HaRGA YANG TERBAIK' ( bukan yang tepat loh...? ).
Karena apa? Price Foreign Exchange tidak bisa ditentukan sesuatunya dengan 'TEPAT' karena sifatnya yang senantiasa --> serba Dinamis yang mana pelaku pasar /market yang terdiri dari makluk-makluk di penjuru dunia pasti punya pikir dan susuatu ' tertentu yang berbeda-beda pula sehingga mau tidak mau akan mempengaruhi presisi harga yang sudah kita analisa mungkin...

So yang pasti. Jangan sampai kita 'terfloating minus ratusan atau bahkan sampai ribuan pips gara2 mleset analisa yang kita terapkan..

6. Indikator Teknikal

Indikator merupakan alat bantu utama yang digunakan dalam analisa chart. Secara garis besar ada 3 jenis indikator yaitu:

Price Momentum Indicator (Oscillator)

Jenis indikator ini digunakan untuk mengidentifikasi situasi oversold atau overbought. Momentum indikator juga digunakan untuk melihat apakah suatu trend masih akan berlanjut atau semakin melemah.
Contoh indikator:
a.) Stochastic Oscillator
b.) Relative Strength Index (RSI)
c.) CommodityChannel Index (CCI)
d.) dll........

Trend Following Indicator

Indikator ini digunakan untuk mengidentifikasi awal dan akhir suatu tren atau kapan suatu trend akan berubah sehingga dapat diketahui kapan waktu terbaik untuk membuka dan menutup posisi.
Contoh indikator:
a.) Moving Average (MA)
b.) Moving Average Convergence
c.) Divergence (MACD)
d.) dll....

Directional Movements Index (DMI)Volatility Indicator. 

Contonya Indikator :

a.) Parabolic SAR
b.) ADX
c.) dll.....

Indikator Volatilitas

digunakan untuk melihat kekuatan pasar yang dilihat dari fluktuasi harga dalam satu periode waktu tertentu. Pasar dikatakan memiliki volatility yang tinggi jika pergerakan harga berlangsung naik turun secara tajam atau sangat fluktuatif di mana terjadi selisih harga yang besar antara harga tertinggi dan terendah.
Contoh indikator:
a.) Bollinger Bands
b.) %R
c.) dll...
Jika Sobat ingin mempelajari 'Contoh Penerapannya Indikator' bisa kunjungi di : Pusaka Teknikal Trader...

Nah itu mungkin saat ini yang sempat kami tulis dalam pertemuan kita kali ini. Kunci Rahasia Teknikal Lanjutan...Dan kami team HitamPutih berharap rekan2 Master Trader untuk bisa menambahkan poin-point ini disini : Kirimkan : IDEMU
Semoga saja bisa menambah sesuatunya lebih baik lagi... Kurang lebihnya penulis mohon maaf.

( bersambung soon...)

Belajar bareng yuk Bersama 'Trader Hitam Putih' Indonesia.
 Logo Corporate
Klik :[ NEXT CONTINUE...]

No comments:

Post a Comment

Pages


2015-2018 HMtrader.XYZ All rights Reserved